5 Bahaya Penyebab Warna Sepatu Pudar

cuci sepatu denpasar bali
Sepatu Pudar

Hampir 2 tahun kami menjalankan usaha jasa laundry sepatu, masih banyak kami temui dari teman-teman yang belum paham mengenai bahan dan masing-masing cara perawatan bahan tersebut. Sepatu jelaslah berbeda dengan baju, namun faktanya tak sedikit kami temui dari hasil perbincangan kami dengan customer yang mengeluh karna warna pudar, bahan rusak, “Padahal baru beli seminggu, langsung pudar”. Alhasil toko sepatu dan tak jarang juga kami sebagai jasa cuci pun kena semburan kata-kata kotor dari customer yang kurang paham bahan sepatu. Setiap jenis sepatu, memiliki bahan yang berbeda-beda, dan setiap bahan memiliki cara yang berbeda dengan bahan yang lainnya untuk perawatannya. Sebelum melakukan tindakan sia-sia, alangkah mencari tahu dulu atau baca aturan perawatannya jika tersedia manual book nya (biasanya tersedia kertas petunjuk namun langsung dibuang).

Dibawah ini kami tuliskan beberapa yang paling umum kami temui kesalahan-kesalahan dari temen-temen masalah perawatan sepatu. Tentunya masih banyak faktor lain, namun ini yang paling banyak kami temui.

1. Jemur Matahari

Perlu diketahui, tidak semua bahan sepatu bisa dijemur ya. Temen-temen perlu baca lagi sepatu temen-temen bisa terkena matahari langsung atau tidak, dan catatan besar “JANGAN CUCI SEPATU LAYAKNYA MENCUCI BAJU”, mungkin sekali dua kali masih aman, jangan harap akan awet jika kebiasaan buruk ini terus temen-temen lakukan. Baiknya cukup diangin-anginkan sebelum disimpan.

2. Mencuci dengan Deterjen

Deterjen merupakan musuh besar sepatu, sama halnya temen-temen membersihkan wajah menggunakan sabun piring (lebih keras), hasilnya seperti apa? rusak wajah temen-temen (wajah butuh pembersih yang lembut). Deterjen dirancang khusus untuk pakaian, dan tidak untuk sepatu yang memiliki bahan berbeda dengan baju. Lalu bersihkannya pake apa? Sekarang banyak beredar di toko online cleaner khusus sepatu dengan berbagai merk, tentunya pilih yang terbaik.

3. Cuci direndam di Air

Sepatu kalau bisa jangan diguyur air, terlebih malah direndam, ditambah deterjen pula, Wafat! 😀 Hindari teknik cuci instan dengan rendaman, maunya menghilangkan noda malah sekalian dengan warnanya. Oke hindari ya..

4. Sikat Keras

Sikat masih menjadi alat paling ampuh untuk saat ini, namun temen-temen perlu perhatikan juga sikat dan cara menyikatnya. Gunakan sikat halus (bisa juga dengan sikat gigi), sikat dengan bahan keras yang biasa digunakan untuk sikat baju bisa merusak bahan dan membuat pudar warna sepatu dan juga perlu perhatikan cara menyikatnya, jika salah juga akan merusak sepatu temen-temen. Jika masih mengalami kesusahan bisa WA/sms/Telp 0816667221 untuk area Bali, Laundry Sepatu di Denpasar.

5. Salah Penyimpanan

Menyimpan dalam keadaan kotor, dapat menumbuhkan jamur dibagian upper sepatu. Bersihkan dahulu sebelum disimpan dan angin-anginkan agar kering. Pastikan sepatu kering sempurna sebelum disimpan untuk menghindari tumbuh jamur karna lembab. Khusus bahan kulit, jangan simpan di tempat yang kedap udara, atau bisa menggunakan kantong kain dengan posisi kain digantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 10 =

Scroll to top